More

    11 Langkah Cara Menaikan Follower Di Instagram

    Siapasih yang tidak kenal Instagram? Hampir semua brand sudah memiliki akun bisnis Instagram dan banyak content creator, desainer dan para freelancer juga menggunakan Instagram sebagai halaman portfolio mereka. Selain membangun reputasi brand atau kebutuhan akan personal branding seseorang, Instagram juga salah satu saluran marketing untuk mendatangkan trafik ke situs website Anda dan menuntun audiens Anda untuk melakukan konversi. Namun saat membangun akun Instagram, Anda mungkin kerap bertanya, “Bagaimana cara menaikkan follower Instagram secara alami?”

    Anda tidak perlu khawatir, kami akan menjelaskan beberapa tips sederhana yang dapat membantu Anda menaikkan follower Instagram Anda secara alami (bukan bot). Berikut ini adalah 11 cara menaikkan follower di Instagram secara alami untuk akun profesional dan bisnis Anda

    Lengkapi biodata akun Anda dan lakukan optimasi!

    Instagram menyukai akun yang memiliki informasi yang lengkap. Jadi pastikan akun Anda mengisi semua informasi yang dibutuhkan saat mendaftar. Jika belum, Anda bisa masuk ke akun Instagram Anda sekarang dan coba lengkapi beberapa data Anda. Anda bisa mulai dari nama lengkap, email, nomor telepon, foto profil, deskripsi bio Anda, dan link website Anda.

    Nah, untuk pengguna yang followernya kurang dari 10.000 (Sepuluh ribu) pengikut, mungkin tidak akan bisa banyak menaruh link tautan. Namun, pada dasarnya setiap Anda membuat postingan baru, Anda harus meng-update pula link tautan di profil Anda sebagai CTA.

    Membuat kalender editorial postingan Instagram


    Instagram menyukai keberadaan akun yang aktif. Semakin Anda aktif, semakin algoritma Instagram menyukai Anda. Nah, saya mau menekankan satu hal, meski algoritma Instagram menyukai akun yang aktif, bukan berarti Anda harus 24 jam menghabiskan waktu di Instagram untuk me-likes, mem-follow, berkomentar, dan membuat banyak konten dan mention ribuan orang tiap harinya. Perilaku seperti itu akan ditandai sebagai perilaku tidak wajar oleh Instagram. Jadi usahakan Anda tidak menjadi akun spammer.

    Lalu, bagaimana caranya agar akun dinilai sebagai akun yang aktif? Dengan memposting konten secara berkala dan tentunya konsisten.

    Cara agar Anda bisa secara konsisten memposting konten berupa Post, IG story atau IGTV adalah dengan menyiapkan kalender editorial postingan Anda di Instagram. Investasikan waktu Anda untuk merencanakan konten, desain konten, hingga deskripsi caption selama minimal konten satu bulan ke depan.

    Dengan demikian Anda bisa konsisten dan tidak akan kelimpungan bingung untuk posting apa karena semuanya sudah direncanakan secara matang.

    Menjadwalkan konten dan dipublikasikan pada waktu yang tepat

    Jangan lupa konsistensi untuk mempublikasikan konten Anda pada waktu yang tepat dimana sebagian besar audiens Anda online. Meskipun algoritma Instagram telah berubah untuk menampilkan lebih banyak konten yang mereka sukai kepada pengguna, memposting pada waktu yang tepat masih dapat membuat postingan Anda lebih terlihat dengan meningkatkan engagement (keterlibatan) secara keseluruhan.

    Baca juga: Waktu yang Tepat untuk Posting di Instagram

    Membuat deskripsi caption yang cerdas

    Ilmu membuat caption Instagram yang baik dan benar ini mungkin sedikit abu-abu. Bagaimana cara membuat caption Instagram yang baik? Jawabannya adalah dengan menggunakan kata-kata yang menarik perhatian audiens Anda.

    Teknisnya, untuk caption baris pertama, gunakanlah huruf kapital dan emoji yang menarik perhatian dan jangan di-enter sebelum judul selesai.

    Setelah baris pertama itu, gunakan teknik storytelling yang baik dan mengajak audiens untuk masuk dalam cerita dan berimajinasi. Anda bisa menceritakan pengalaman pribadi, cerita audiens lain, hingga studi kasus populer dalam paragraf deskripsi.

    Jangan lupa untuk selalu memberikan jarak tiap paragaraf agar dapat dibaca oleh audiens Anda. Bagaimana caranya? Dengan mengenternya 2 kali sebelum memulai paragaf baru.

    Menggunakan Hashtag Khusus

    Gunakan hashtag! Mungkin juga saran ini terlalu umum. Namun, hashtag ini adalah salah satu cara untuk kamu menargetkan audiens yang mencari dengan keyword tertentu. Akun-akun Instagram populer juga mempraktikkan cara ini.

    Memang Anda bisa menggunakan banyak keyword yang berbeda untuk hashtag dalam postingan Anda. Namun, saya sarankan untuk menggunakan keyword yang spesifik untuk industri atau bisnis Anda. Mengapa demikian? Karena penggunaan keyword yang lebih spesifik dalam hashtag Anda, Anda tidak hanya akan mendatangkan audiens lewat pencarian, namun Anda mendatangkan audiens yang tepat atau kemungkinan besar audiens itu adalah buyer persona Anda.

    Selain itu, menggunakan tag yang lebih tepat akan mengurangi jumlah pesaing yang bersaing untuk mengikuti orang yang sama yang Anda targetkan. Hasilnya, akun Anda akan lebih mudah ditemukan dan lebih mudah diikuti.

    Contohnya, jika Anda berjualan di sosial media dan misalnya Anda menjual baju daster. Lebih baik menggunakan hashtag #JualDasterBalikpapan daripada hanya #JualDaster saja. Dengan demikian, Anda menargetkan audiens yang lebih spesifik, yaitu audiens yang sedang mencari daster di wilayah Balikpapan.

    Berinteraksi dengan akun lainnya

    Ingat, kunci agar berhasil di media sosial apa pun adalah faktor keterlibatan. Jadi, ketika Anda ingin meningkatkan pengikut atau follower Anda secara organik, Anda perlu membalas DM Anda, komentar, dan juga berinteraksi lewat percakapan dengan akun lain, baik di halaman Instagram Anda maupun halaman Instagram orang lain. Anda juga dapat berinteraksi dengan akun lain di halaman Instagram milik Influencer yang sudah populer.

    Promosikan akun Anda di platform lainnya

    Selain Instagram, Anda mungkin memiliki akun media sosial lain, seperti Youtube, LinkedIn, TikTok, Twitter, atau Facebook. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mempromosikan akun Anda di media sosial lain dan memberi tahu orang lain di platform itu bahwa Anda juga memiliki konten yang menarik di Instagram Anda. Caranya bagaimana? Caranya dengan membuat link tautan yang sudah dipendekkan di deskripsi postingan di akun sosial media lainnya.

    Selain itu, Anda juga dapat mempromosikan Instagram Anda di situs website Anda. Caranya adalah dengan menambahkan tombol media sosial ke situs web dan blog Anda. Biasanya Anda harus menginstall plugin untuk social media sharing.

    Dengan demikian, Anda dapat mempromosikan konten Anda di semua jaringan sosmed Anda serta menunjukkan kepada audiens lain bahwa mereka juga dapat menemukan Anda di Instagram.

    Buat konten berdasarkan permintaan pengikut Anda

    Selain konten original yang sudah Anda persiapkan sebelumnya di kalender editorial, Anda juga perlu membuat konten berdasarkan apa yang diminta oleh pengikut Anda. Tips yang ini berawal dari faktor keterlibatan atau engagement. Untuk menarik audiens agar mengikuti akun Anda, Anda juga harus mendengar masukan dan ide dari mereka.

    Cara mendengarkan audiens Anda adalah dengan membuat survei kecil-kecilan di Instagram mengenai topik yang akan Anda bahas dan minta audiens Anda memilih topik mana yang ingin mereka pilih untuk dibahas. Menanyakan pendapat pengikut Anda dapat membuat mereka menghormati Anda juga dan kemungkinan besar akan membagikan konten Anda di Instagram mereka. Dengan demikian, reach Anda menjadi tinggi dan tentunya audiens lainnya akan menuju halaman Anda dan potensi untuk mendapatkan follower menjadi lebih besar.

    Hapus tag foto yang tidak Anda inginkan

    Social media seperti Instagram adalah tempat untuk membangun citra. Jika misalkan Anda hanya menginginkan foto yang kualitasnya bagus untuk di-posting dan diasosiasikan kepada brand Anda, Anda harus menghapus foto lainnya yang tidak sesuai dengan aturan Anda tersebut.

    Contohnya, jika Anda hanya ingin menampilkan konten terbaik dan gambar berkualitas tinggi, Anda dapat menghapus tag yang tidak diinginkan dari profil Anda. Untuk melakukan ini, Anda cukup membuka foto yang dimaksud di dalam Instagram dan klik tiga titik di samping foto. Lalu pilih “Opsi tag” (Tag options) dan pilih “Hapus saya dari postingan” (Remove me from post). Selain menghapus, Anda juga bisa memilih menyembunyikan foto tersebut dari profil Anda dengan memilih “Hide from my profile”.

    Gunakan Geotag

    Lokasi merupakan hal yang cukup penting dalam membangun follower di Instagram. Saat meng-upload konten di feed, Anda juga perlu memberikan geo tag berupa kota, lingkungan, dan area tertentu yang biasanya Anda targetkan di iklan. Mengapa demikian? Karena terkadang selain mencari lewat hashtag, audiesn juga bisa mencari lewat lokasi geo tag.

    Menyetakan CTA atau Ajakan Bertindak!

    Percaya atau tidak, memiliki CTA (Call-to-Action) di setiap konten yang Anda buat adalah suatu keharusan! Instagram adalah jaringan media sosial yang gunanya mendorong orang untuk melakukan percakapan yang sifatnya 2 arah, tidak seperti platform siaran langsung yang ketika komunikasi hanya satu arah.

    CTA atau Ajakan Bertindak Anda bergantung pada apa tujuan konten Anda.

    Praktik sederhanan CTA untuk foto atau konten grafis sederhana adalah dengan menyertakan ikon atau tanda untuk mendorong orang agar menyukai, mengomentari, membagikan, atau menyimpan postingan. Untuk format video, Anda dapat meminta mereka untuk melakukannya di scene akhir video Anda.

    Kesimpulan

    Demikianlah 11 cara meningkatkan Instagram Anda secara organik tahun ini. Algoritma Instagram mungkin selalu berubah, tetapi praktik organik yang baik untuk meningkatkan follower Anda ini akan selalu relevan. Ingat, konsistensi dan faktor keterlibatan (engagement) adalah kuncinya.

    Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda memiliki tips lainnya untuk menaikkan follower Instagram secara organik? Jika Anda, jangan segan untuk membagikan di kolom komentar ya. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

    Artikel ini dari sumber : https://marketingonline.id/cara-menaikkan-follower-organik-instagram/

    Latest articles

    US Footwear

    US foowear adalah sebuah brand fashion pria berbasis retail dan e-commerce yang berpusat di malang-jawa timur. Hingga tahun 2021, US foowear Indonesia...

    Konveksi Tsabita Homemade

    Konveksi Tsabita homemade berdiri sejak tahun 2016 , dan alahamdulillah sampai sekarang masih di berikan amanah dangan costemer pirihal konveksi kami ,...

    Kingkong Lumer

    Kingkong Lumer Brown sugar adalah keripik singkong inovasi baru yang memiliki cita rasa khas gurih dan bikin nagih. Instagram...

    All Ghee Collection

    Konveksi tas sovenir, tas berkat, tas ultah, tas seminat, dll berbahan spounbun,kain perca, dan anyamaman dr bahan limbah yg go green

    Related articles

    Leave a reply

    Please enter your comment!
    Please enter your name here